Bergabung dengan Mahathir Mohamad, Wakil Menteri Malaysia Mundur

Anton Suhartono ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 20:52 WIB
Bergabung dengan Mahathir Mohamad, Wakil Menteri Malaysia Mundur

Sharuddin Salleh (Foto: Facebook)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Wakil Menteri Pekerjaan Umum Malaysia Shahruddin Salleh mengundurkan diri dari kabinet koalisi Perikatan Nasional (PN) yang dipimpin Perdana Menteri Muhyiddin Yassin.

Dia bergabung dengan Mahathir Mohamad ke kelompok oposisi Pakatan Harapan.

Dalam pernyataan, pria yang juga anggota parlemen dari Sri Gading itu mengungkapkan ingin fokus berjuang bersama Pakatan Harapan, kelompok oposisi yang dipimpin Anwar Ibrahim.

“Saya harus prioritaskan bagaimana agar para pemilih di Sri Gading memilih Pakatan Harapan,” katanya, dikutip dari The Straits Times, Kamis (4/6/2020).

Dia menegaskan, bergabung dengan koalisi PN bukan pilihan yang tepat.

“Merupakan alasan politik yang salah untuk bergabung dengan pemerintahan PN. Sebagai langkah awal untuk memperbaiki kesalahan ini, saya mengundurkan diri karena saya ditunjuk oleh Perdana Menteri dari PN," ujarnya.

Kantor Mahathir Mohamad lalu merilis video yang menunjukkan pertemuan kedua politis tersebut pada Kamis malam.

Dengan bergabungnya Shahruddin, aliansi PN kini hanya didukung 112 anggota parlemen.

Mahathir sebelumnya berulang kali mengklaim Muhyiddin tidak mengantongi dukungan kuat untuk memerintah sehingga mengajukan mosi tidak percaya. Sidang mosi seharusnya dilakukan pada 18 Mei, namun dibatalkan atau ditunda hingga Juli oleh parlemen Dewan Rakyat dengan alasan Malaysia sedang memprioritaskan penanganan wabah virus corona.

Editor : Anton Suhartono