PM Malaysia Muhyiddin Yassin Mulai Singkirkan Para Loyalis Mahathir

Anton Suhartono ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 14:39 WIB
PM Malaysia Muhyiddin Yassin Mulai Singkirkan Para Loyalis Mahathir

Muhyiddin Yassin (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Perdana Menteri yang juga Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) Muhyiddin Yassin mulai membersihkan partainya dari orang-orang yang loyal terhadap Mahathir Mohamad.

Sebelumnya Mahathir bersama empat politisi PPBM lain lebih dulu dipecat. Mahathir merupakan ketua partai yang bersama Muhyiddin mendirikan PPBM setelah mundur dari Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Loyalis Mahathir yang disingkirkan adalah Marzuki Yahya, pemimpin PPBM di Penang yang juga mantan sekjen PPBM.

Dalam surat tertanggal 2 Juni, Muhyiddin menyampaikan bahwa Marzuki akan meninggalkan posnya di Penang secepatnya.

“Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi atas kontribusi Anda untuk partai selama ini,” demikia isi surat bertanda tangan Muhyiddin yang ditujukan kepada Marzuki, seperti dikutip dari The Star, Kamis (4/6/2020).

Muhyiddin juga mengirim satu surat lagi yang dibuat di tanggal yang sama, kali ini ditujukan kepada anggota dewan tertinggi partai, Mr Akhramsyah Muamar Ubaidah Sanusi.

Diketahui, Marzuki dan Akramsyah telah bersumpah setia kepada Mahathir Mohamad setelah Muhyiddin diangkat sebagai Perdana Menteri di koalisi pemerintahan Perikatan Nasional.

Pemecatan dua politisi PPBM itu merupakan yang terbaru dalam serangkaian aksi bersih-bersih dari pendukung Mahathir.

Pada 28 Mei, PPBM mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa lima anggota parlemen, termasuk Mahathir bukan lagi anggota PPBM.

Mahathir dan empat politisi lain memilih duduk bersama oposisi Pakatan Harapan di parlemen Dewan Rakyat yang dipimpin Anwar Ibrahim.

Editor : Anton Suhartono