Berlian Langka Seukuran Kelereng asal Rusia Terjual Rp374 Miliar di Swiss

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 12 November 2020 - 07:26:00 WIB
Berlian Langka Seukuran Kelereng asal Rusia Terjual Rp374 Miliar di Swiss
Berlian langka yang dijuluki "The Spirit of the Rose" terjual seharga Rp374,37 miliar di Swiss, Rabu (11/11/2020). (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id – Sebuah berlian langka berwarna merah muda terjual seharga 26,6 juta dolar AS (Rp374,37 miliar) pada Rabu (11/11/2020) di Rumah Lelang Sotheby, Jenewa, Swiss. Berlian itu berasal dari batu mentah terbesar dengan warna sama yang ditemukan di Rusia.

Dijuluki “The Spirit of the Rose”, harga jual akhir intan 14,83 karat itu (sudah termasuk komisi) ditetapkan sebagai rekor dunia untuk jenis berlian ungu-merah muda. Hanya butuh beberapa menit tawaran untuk batu itu mencapai 21 juta franc Swiss (setara 23 juta dolar AS), setelah berlian seukuran kelereng itu muncul dalam lelang online, dengan pembeli akhir tetap anonim.

Juru lelang Sotheby, Benoit Repellin mengatakan, berlian itu ibarat “keajaiban alam”. Menurut dia, harga permata berwarna merah muda itu akan terus naik karena keberadaannya yang semakin langka.

The “Spirit of the Rose” diasah dari batu mulia 27,85 karat yang ditemukan pada 2017 oleh perusahaan tambang berlian Alrosa di Republik Sakha, Rusia, yang berada di wilayah timur laut Siberia.

Butuh waktu sekitar satu tahun kerja yang melelahkan untuk memotong berlian itu jadi menjadi bentuk seperti sekarang, sambil tetap mempertahankan warna merah jambunya. Berlian merah muda adalah permata berharga paling langka dan paling laris di pasar global.

Rekor dunia untuk harga jual berlian merah muda pernah tercatat pada 2017, ketika sebuah batu yang dikenal dengan sebutan “CTF Star Pink” dijual di Hong Kong seharga 71,2 juta dolar AS (setara Rp1 triliun).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2