Bertemu Bos WHO, Menlu AS Dukung Penyelidikan Asal Usul Covid Fase Ke-2 di Wuhan

Anton Suhartono · Kamis, 29 Juli 2021 - 06:20:00 WIB
Bertemu Bos WHO, Menlu AS Dukung Penyelidikan Asal Usul Covid Fase Ke-2 di Wuhan
Antony Blinken bertemu Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Kuwait City menyampaikan dukungan atas penyelidikan asal usul Covid-19 tahap selanjutnya (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken bertemu Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Rabu (28/7/2021), membahas perkembangan pandemi Covid-19.

Dalam pertemuan di Kuwait City itu Blinken juga menegaskan dukungan AS kepada WHO untuk kembali menyelidiki asal usul Covid-19, termasuk di China.

"Dia (Blinken) menekankan pentingnya fase (penyelidikan) berikutnya yang tepat waktu, berbasis bukti, transparan, dipimpin para ahli, dan bebas dari campur tangan," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, dikutip dari Reuters, Kamis (29/7/2021).

Awal bulan ini, WHO menyerukan semua negara anggota untuk bekerja sama dalam penyelidikan terbaru. Penyelidikan tahap kedua akan mencakup hipotesis bahwa virus corona kemungkinan bocor dari laboratorium virologi Wuhan.

Namun China menolak penyelidikan lebih lanjut karena mengincar laboratorium serta pasar di kota tersebut.

"Kami tidak akan menerima rencana penelusuran asal usul seperti itu. Dalam beberapa aspek mengabaikan akal sehat dan menentang ilmu pengetahuan," kata Zeng Yixin, wakil ketua Komisi Kesehatan Nasional (NHC), pada 22 Juli lalu.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2