Bertemu Utusan PBB, Pemimpin Hamas Peringatkan Israel soal Blokade Gaza

Anton Suhartono ยท Selasa, 22 Juni 2021 - 12:04:00 WIB
Bertemu Utusan PBB, Pemimpin Hamas Peringatkan Israel soal Blokade Gaza
Yahya Sinwar peringatkan Israel soal blokade Jalur Gaza (Foto: Reuters)

GAZA, iNews.id - Pemimpin Hamas di Jalur Gaza Yahya Sinwar memperingatkan Israel agar segera menghentikan blokade wilayah Palestina yang sudah berlangsung 14 tahun.

Penegasan itu disampaikan Sinwar dalam pertemuan dengan utusan PBB untuk Timur Tengah Tor Wennesland di Gaza City, Senin (21/6/2021).

"Israel masih melanjutkan kebijakan melawan rakyat dan tahanan kami serta tidak ada tanda-tanda penyelesaian krisis kemanusiaan di Gaza," kata Sinwar, dikutip dari Anadolu, Selasa (22/6/2021).

Hamas, lanjut dia, telah memberi tahu utusan PBB Wennesland mengenai perlawanannya terhadap upaya pemerasan Israel.

"Kami mengatakan kepada delegasi PBB tentang niat kami untuk mengadakan pertemuan dengan para pemimpin faksi nasional dan Islam di Gaza guna mempelajari langkah selanjutnya," ujar pria yang berkali-kali mendapat ancaman bunuh dari pejabat Israel itu. 

Dia juga menegaskan, situasi saat ini memerlukan model perlawanan dengan cara tegas guna memberikan tekanan pada Israel.

Wennesland berkunjung ke Gaza pada Senin melalui perbatasan Erez, Israel, sebagai upaya untuk memperkuat kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dan pasukan Zionis serta memperlonggar blokade.

Seorang sumber pejabat Palestina pada Minggu mengatakan kepada Anadolu, para pemimpin gerakan perlawanan Palestina memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada upaya negara Arab dan internasional untuk merundingkan penghentian blokade terhadap Gaza dan mengakhiri penderitaan penduduknya.

Sumber tersebut menambahkan, dalam beberapa hari mendatang akan ada lebih banyak gerakan dan upaya diplomatik untuk mencapai tujuan tersebut.

Editor : Anton Suhartono