Biadab, Israel Hancurkan Kampung Badui Palestina di Lembah Yordan

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 04 November 2020 - 22:18:00 WIB
Biadab, Israel Hancurkan Kampung Badui Palestina di Lembah Yordan
Tentara Israel (ilustrasi). (Foto: AFP)

TEPI BARAT, iNews.id – Tentara Israel menghancurkan sebuah kampung yang dihuni puluhan orang Badui Palestina di Tepi Barat yang diduduki zionis. Operasi Israel kali ini terbilang langka lantaran menargetkan seluruh kampung sekaligus.

Pada Selasa (3/11/2020) malam waktu setempat, buldoser Israel meratakan Desa Homsa al-Baiqa—termasuk tenda-teda, gudang, toilet portabel, dan panel surya milik warga setempat—dekat Tubas di Lembah Yordan. Informasi itu diperoleh lewat pengamatan seorang fotografer AFP di tempat kejadian.

“(Israel) itu menghancurkan sepenuhnya Desa Homsa al-Baqia, menyebabkan sekitar 80 orang kehilangan tempat tinggal,” ungkap Perdana Menteri Palestina, Muhammad Shtayyeh, dikutip AFP, Rabu (4/11/2020).

Korps tentara Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil di Tepi Barat, COGAT, mengklaim semua bangunan yang dihancurkan tentara zionis di desa itu adalah ilegal. Alasannya, kampun itu berada di zona tembak (area pelatihan militer) Israel di Lembah Yordan.

Lembah Yordan berada di Area C Tepi Barat yang sepenuhnya dikendalikan oleh tentara Israel—yang telah menduduki Tepi Barat sejak 1967. Di bawah aturan Israel, warga Palestina tidak dapat membangun bangunan di daerah tersebut tanpa izin. Kalaupun penduduk Palestina meminta izin mendirikan bangunan, biasanya selalu ditolak oleh Israel. Karenanya, pembongkaran bangunan dan penggusuran sudah lumrah terjadi di sana.

Salah satu warga yang kehilangan tempat tinggal akibat operasi tentara zionis tadi malam, Abdelghani Awada mengatakan, orang-orang Israel tiba-tiba datang dengan kendaraan serta buldoser. “Mereka hanya memberi waktu 10 menit untuk mengevakuasi rumah kami,” ucapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2