Bikin Panas, 2 Kapal Perang Penjelajah AS Lintasi Selat Taiwan

Anton Suhartono ยท Minggu, 28 Agustus 2022 - 09:52:00 WIB
Bikin Panas, 2 Kapal Perang Penjelajah AS Lintasi Selat Taiwan
Kapal perang penjelajah AL AS USS Chancellorsville (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Dua kapal perang Amerika Serikat (AS) berlayar melalui perairan Selat Taiwan. Ini merupakan kali pertama kapal perang AS melintasi perairan sensitif itu sejak kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi awal bulan ini yang memicu ketegangan.

Tiga pejabat AS mengatakan kepada Reuters, operasi ini melibatkan dua kapal penjelajah Angkatan Laut (AL), yakni USS Chancellorsville dan USS Antietam. Operasi masih berlangsung, Minggu (28/8/2022).

Dalam beberapa tahun terakhir, kapal-kapal perang AS rutin berlayar melalui Selat Taiwan yang memicu kemarahan China. Kehadiran kapal perang Negeri Paman Sam di Selat Taiwan dipandang China upaya AS untuk ikut campur dalam urusan dalam negerinya.

Sementara itu China menggelar latihan perang terbesar di perairan dan wilayah udara sekitar Taiwan sehari setelah kepulangan Pelosi dari Taiwan. Di antara latihan itu adalah penembakan rudal jelajah yang melintasi wilayah udara Ibu Kota Taipei.

Latihan lainnya juga digelar China di lokasi berbeda sebagai respons atas kunjungan pejabat AS berikutnya setelah Pelosi.

Selat Taiwan yang sempit sering menjadi pemicu ketegangan militer sejak pemerintah Republik China melarikan diri ke Taiwan pada 1949 setelah kalah dalam perang saudara dengan komunis. Republik China merupakan nama resmi Taiwan.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda