China Terus Dibikin Panas, Gubernur di AS dan Politikus Jepang Ikut-ikutan Kunjungi Taiwan

Antara · Selasa, 23 Agustus 2022 - 21:24:00 WIB
China Terus Dibikin Panas, Gubernur di AS dan Politikus Jepang Ikut-ikutan Kunjungi Taiwan
Ilustrasi hubungan China dan Taiwan. (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id – Kementerian Luar Negeri China memprotes kunjungan Gubernur Indiana, AS, Eric J Holcomb, dan Anggota Parlemen Jepang, Keiji Furuya, ke Taiwan, baru-baru ini. Beijing pun kembali menegaskan klaimnya atas pulau itu.

“Taiwan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari wilayah teritorial China,” demikian pernyataan Kemlu China di Beijing, Selasa (23/8/2022).

Holcomb dan delegasi dari Kesekretariatan Perdagangan Indiana tiba di ibu kota Taiwan, Taipei, pada Minggu (21/8/2022). Dia dan rombongan bertemu Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen, pada Senin (22/8/2022) untuk membicarakan kerja sama ekonomi, perdagangan, teknologi, dan budaya.

Kemlu China menegaskan, permasalahan Taiwan sangat sensitif dalam kaitannya dengan hubungan China dan Amerika Serikat. Karenanya, China menentang pertukaran AS dengan Taiwan dalam bentuk apa pun.

“Kami telah mengambil sikap serius kepada pihak AS atas kunjungan Gubernur Indiana Holcomb ke Taiwan,” kata Kemlu China.

Sementara itu, Anggota Parlemen Jepang dari Partai Demokrat Liberal (LDP), Keiji Furuya melakukan kunjungan ke Taiwan pada Senin (22/8/2022) hingga Rabu (24/8/2022). Dia juga diagendakan bertemu Tsai Ing Wen.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda