Biola Langka Stradivarius Ini Ditaksir Bernilai Rp160 Miliar

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 08 Juni 2022 - 21:02:00 WIB
Biola Langka Stradivarius Ini Ditaksir Bernilai Rp160 Miliar
Penampakan biola Hellier Stradivarius yang langka. Harganya ditaksir Rp160 miliar. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id – Sebuah biola langka dari tahun 1679 yang dibuat oleh perajin terkenal Italia, Antonio Stradivari, akan dilelang bulan depan. Harganya ditaksir mencapai 11 juta dolar AS (lebih dari Rp160 miliar).

Rumah lelang Christie's menyatakan, biola Hellier Stradivarius itu adalah biola bertatahkan terbaik yang pernah dibuat oleh Stradivari. Alat musik itu juga menjadi salah satu instrumen Stradivarius terbaik yang pernah ada.

Bertatahkan berlian gading dan diselesaikan dengan olesan pernis emas, alat musik tersebut memiliki perkiraan harga 7,54-11,31 juta dolar AS. Stradivari menyimpan biola itu selama 55 tahun, lalu menjualnya seharga 40 pound kepada Samuel Hellier dari Wombourne, Inggris, pada 1734.

“Saya mengharapkan banyak minat untuk instrumen seperti itu karena sangat langka sehingga keluar dari museum,” ujar ahli biola yang juga konsultan benda seni rumah lelang Christie’s, Florian Leonhard, kepada Reuters, belum lama ini.

“Kapan lagi Anda bisa menyentuh biola seperti ini dan memilikinya? Itu luar biasa!” ucapnya. Menurut jadwal, biola supermewah itu dilelang pada 7 Juli.

Biola-biola buatan Stradivari dikenal karena nilai kerajinannya yang luar biasa. Menurut Leonhard, harga mereka berkisar antara 8 juta dan 20 juta dolar.

“Dari sekitar 1.100 instrumen yang dibuat Stradivari selama kariernya, hanya sekitar selusin yang dihias dengan hiasan, dan spesimen ini (Hellier Stradivarius) dianggap oleh kurator Smithsonian sebagai contoh terbaik yang masih ada,” kata Christie's dalam sebuah pernyataan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda