BJ Habibie Wafat, Dubes Inggris Sebut Almarhum Sosok Negarawan dan Sahabat

Anton Suhartono, Antara ยท Rabu, 11 September 2019 - 20:21 WIB
BJ Habibie Wafat, Dubes Inggris Sebut Almarhum Sosok Negarawan dan Sahabat

BJ Habibie (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Ucapan duka cita mulai berdatangan dari pemerintahan negara sahabat atas wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB.

Setidaknya Kedutaan Besar Inggris serta Duta Besar Inggris untuk RI Owen Jenkins menyampaikan duka cita.

Baca Juga: Kabar BJ Habibie Wafat Langsung Mendunia

Ucapan disampaikan lewat akun media sosial Twitter @UKinIndonesia dan @DubesInggris.

Dalam cuitannya, Kedubes Inggris untuk RI mengaturkan doa untuk keluarga dan bangsa Indonesia.

"Turut berduka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie. Doa kami menyertai keluarga dan seluruh bangsa Indonesia," cuit Kedubes Inggris.

Cuitan itu dikomentari oleh Dubes Inggris Owen Jenkins yang mengatakan BJ Habibie akan menjadi sosok yang dirindukan banyak pihak.

"Rasa duka mendalam kepada keluarga dan bangsa Indonesia atas kematian Presiden ke-3 RI. Seorang negarawan dan sahabat Inggris. Sosok Habibie akan dirindukan," kata Jenkins.

Baca Juga: Presiden Jokowi: BJ Habibie Negarawan dan Suri Teladan yang Patut Dicontoh

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga mengungkap sosok Habibie sebagai negarawan yang patut dijadikan contoh dan menjadi suri teladan dalam kehidupan berbangsa.

"Beliau merupakan negarawan yang patut dijadikan contoh kehidupan sehari-hari," ujar Jokowi, saat melayat di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019).

Jokowi menyebut, Habibie merupakan ‘Bapak Teknologi’ Indonesia bahkan dunia. Selain itu, beliau merupakan sosok solutif untuk bangsa. Jokowi juga mengaku kerap berkonsultasi kepada Habibie tentang berbagai persoalan negara.

"Beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya. Beliau sering datang ke istana," ujarnya.

BJ Habibie menjalani perawatan intensif tim dokter kepresidenan di ruang Critical Intensive Care Unit (CICU) RSPAD sejak 2 September 2019. Almarhum akan dimakamkan di samping pusara almarhumah sang istri Ainun Habibie, Kamis (12/9/2019).


Editor : Anton Suhartono