Bocah 9 Tahun Temukan Botol Berisi Pesan yang Dibuat 50 Tahun Lalu

Anton Suhartono ยท Kamis, 18 Juli 2019 - 10:27:00 WIB
Bocah 9 Tahun Temukan Botol Berisi Pesan yang Dibuat 50 Tahun Lalu
Isi pesan di dalam botol yang ditemukan Jyah Elliott (Foto: ABC)

SYDNEY, iNews.id - Seorang bocah berusia 9 tahun di Australia menemukan pesan dalam botol yang dibuat 50 tahun lalu, Selasa (16/7/2019). Botol itu terdampar di pantai terpencil di Australia Selatan.

Namun sayang, bocah bernama Jyah Elliott itu tak berlama-lama dengan botol itu karena dilempar kembali ke laut setelah dia menyangka isi pesannya tersebut palsu.

Sebelum melemparnya, Elliott lebih dulu mencatat data di pesan itu.

Dari isi pesan diketahui surat dibuat oleh Paul Gilmore kini berusia 63 tahun. Dia melempar enam botol pada 17 November 1969 di Samudera Hindia untuk mencari teman baru.

Selain itu, disebutkan pula lokasi kapalnya saat botol dilempar yakni 1.600 kilometer sebelah timur Fremantle, Australia Barat. Gilmore juga meminta siapa pun yang menerima pesan itu untuk membalasnya ke alamat yang tersedia.

Setelah penemuan botol, Elliott dan orangtuanya melacak keberadaan sang penulis. Meskipun masih dibayangi anggapan bahwa surat itu palsu, mereka tetap mengirim balasan ke alamat yang dituju keesokan harinya.

"Dia sangat bersemangat," kata sang ibu, Carla, kepada stasiun televisi ABC.

Sementara itu saudari Gilmore, Annie Crossland, mengatakan, kakaknya sedang dalam pelayaran saat mendapat kabar dari Elliott. Dia memastikan bahwa Gimore akan menghubungi Jyah sepulangnya dari pelayaran.

"Luar biasa, benar-benar luar biasa. Dia akan hancur berkeping-keping," kata Crossland.

Sebenarnya dia dan keluarga sudah pindah dari alamat yang tertera dalam pesan, namun pemilik rumah yang sekarang menghubungi keluarga Gilmore.

Gilmore mengirim enam botol dari kapal TSS Fairstar, kapal pengangkut migran dari Inggris ke Australia.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda