Botol Berisi Selembar Surat Ditemukan di Pantai Hawaii, Isinya Mengejutkan

Umaya Khusniah ยท Minggu, 19 September 2021 - 14:16:00 WIB
Botol Berisi Selembar Surat Ditemukan di Pantai Hawaii, Isinya Mengejutkan
Surat yang ditulis oleh siswa Jepang pada tahun 1984 ditemukan pada 2021. (Foto: Courtesy of Chiba Prefectural Chosi High School)

HONOLULU, iNews.id - Sebuah botol kaca berisi selembar surat ditemukan terdampar di pantai Hawaii tahun 2021. Ternyata surat itu ditulis oleh seorang siswa Jepang pada 1984 silam lantas dilempar ke laut.

Abbie Graham (9) merupakan bocah yang menemukan botol kaca itu. Saat itu, dia bersama keluarga tengah berada di Paradise Park, Keaau, Hawaii. 

Ayah Abbie, John Graham awalnya tak menanggapi serius temuan anaknya tersebut. Dia mengira botol itu merupakan sampah yang terdampar di pinggir pantai. 

"Saya pikir itu sampah dan dia pikir itu harta karun," katanya seperti dikutip dari Hawaii Tribune-Herald. 

Saat itu, Abbie melihat botol kaca tersebut berada di antara pasir. Dia pun mengambil dan menunjukkannya pada John. 

"Beberapa hari kemudian kami membukanya. Dan itu dari Jepang," katanya. 

Dari tulisan yang ada, diketahui surat itu dilemparkan ke laut pada tahun 1984 sebagai bagian dari proyek sekolah untuk memantau arus laut.

Vice melaporkan, gulungan kertas ditulis dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Jepang. Ajaibnya, surat yang ditemukan di Hawaii itu tetap utuh. 

Botol itu merupakan bagian dari proyek klub ilmu alam di Sekolah Menengah Atas Choshi Prefektur Chiba, dekat Tokyo. Botol kaca ini menempuh jarak sekitar 4.000 mil atau 6.437 kilometer hingga akhirnya terdampar di sebuah pantai di Hawaii. 

"Botol ini dibuang ke laut di lepas pantai Choshi, Jepang, pada Juli 1984. Meminta siapa pun yang menemukannya memberi tahu sekolah di mana dan kapan," tulis surat tersebut.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: