Bukan Wuhan, Tim Peneliti China Sebut Asal Virus Corona dari India

Djairan ยท Sabtu, 28 November 2020 - 02:50:00 WIB
Bukan Wuhan, Tim Peneliti China Sebut Asal Virus Corona dari India
Tim peneliti asal China yang diketuai Dr Shen Libing memiliki pendangan yang berbeda soal asal muasal virus corona.(Foto: ist)

SHANGHAI, iNews.id - Asal muasal virus corona atau SARS-Cov-2 masih menjadi misteri. Selama ini, anggapan umum yang beredar bahwa wabah virus itu berasal dari Wuhan, China.

Namun, tim peneliti asal China yang diketuai Dr Shen Libing memiliki pandangan berbeda. Dalam penelitian berjudul 'The Early Cryptic Transmission and Evolution of SARS-CoV-2 in Human Hosts' yang diterbitkan The Lancet, mereka menilai pendekatan untuk melacak asal virus corona selama ini keliru karena memakai virus yang ada di kelelawar di Yunnan, China beberapa tahun lalu.

Menurut mereka, virus yang ada di kelelawar bukan nenek moyang dari virus yang masuk ke manusia. Pendekatan ini dinilai mereka gagal melacak asal usul dari pandemi.

Mereka menawarkan metode baru dengan menghitung jumlah mutasi dalam setiap strain virus. Mereka mengklaim strain yang lebih sedikit bisa menunjukkan asal mula virus. Ada 17 negara yang menjadi objek penelitian.

Penelitian itu menyebut ada delapan negara dengan mutasi paling sedikit, yaitu Australia, Bangladesh, Yunani, AS, Rusia, India, Italia, dan Ceko. Namun, area asal muasal wabah harus mempunyai keragaman genetik yang luar biasa. India dan Bangladesh menjadi yang potensial.

Mereka menyebut, populasi India yang banyak berusia muda dengan kondisi cuaca yang ekstrem menciptakan kondisi yang dibutuhkan bagi transmisi virus ke manusia.

Editor : Rahmat Fiansyah