Bunuh 3 Orang, Harimau Ini ‘Dipenjara’ Seumur Hidup

Anton Suhartono · Senin, 08 Juni 2020 - 07:05 WIB
Bunuh 3 Orang, Harimau Ini ‘Dipenjara’ Seumur Hidup

Seekor harimau liar di India harus menghabiskan sisa hidup di penangkaran karena membahayakan manusia (Ilustrasi, Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Seekor harimau liar yang membunuh tiga warga di India akan menghabiskan sisa hidupnya di penangkaran.

Otoritas satwa India menyatakan, kucing besar itu terlalu berbahaya jika dibiarkan bekeliaran di alam bebas.

Harimau jantan berusia 5 tahun tersebut menempuh perjalanan sejauh lebih dari 500 kilometer dari Negara Bagian Maharashtra ke Madhya Pradesh pada 2018. Di perjalanan itu dia menyerang manusia dan ternak.

"Kami memberinya beberapa peluang untuk hidup di alam liar, tapi biasanya akan masuk ke permukiman manusia. "Satu-satunya pilihan adalah memasukkannya ke penangkaran untuk memastikan dia dan manusia aman," kata kepala penjaga satwa liar Madhya Pradesh, SK Mandal, dikutip dar AFP, Senin (8/6/2020).

Harimau yang diberi nama ‘Pengembara’ oleh media lokal itu pertama kali ditangkap pada 2018 dan ditahan di penangkaran selama 2 bulan. Dia dibebaskan di taman nasional setelah dipasangkan alat pelacak.

Namun harimau itu beberapa kali tersesat dan berburu di dekat permukiman warga, menyerang ternak dan membahayakan manusia.

Akhirnya Pengembara ditangkap lagi dan dikirim ke kebun binatang di Bhopal, ibu kota Madhya Pradesh, Sabtu (6/6/2020).

Sebenarnya rencana menangkap Pengembara sudah ada sejak beberapa bulan lalu, namun ditunda terkait penerapan lockdown total akibat wabah virus corona.

"Butuh waktu baginya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Kami akan memantau perilakunya," kata Direktur Taman Nasional Van Vihar, Kamlika Mohanta.

Dia melanjutkan, harimau itu ditahan di sel isolasi. Belum ada keputusan untuk menyerahkan ke kebun binatang atau taman safari.

Konflik antara harimau dan manusa meningkat sejak 5 tahun terakhir seiring perambahan lahan tempat habitat harimau. Hampir 225 orang tewas akibat serangan harimau antara 2014 dan 2019.

Selain itu lebih dari 200 harimau dibunuh oleh pemburu liar atau akibat terkena sengatan listrik antara 2012 dan 2018.

India merupakan rumah bagi sekitar 70 persen populasi harimau dunia. Tahun lalu, pemerintah mengungkap populasi harimau meningkat menjadi 2.967 ekor pada 2018, dari hanya 1.411 pada 2006.

Editor : Anton Suhartono