Bus Pengangkut Peserta Reuni SMA Terbalik, 13 Orang Tewas

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 17:22 WIB
Bus Pengangkut Peserta Reuni SMA Terbalik, 13 Orang Tewas

Ilustrasi kecelakaan bus. (Foto: Okezone)

HANOI, iNews.id – Bus yang mengangkut para peserta acara reuni alumni sebuah SMA jatuh dan terbalik di tikungan jalan raya di Provinsi Quang Binh, Vietnam, Minggu (26/7/2020). Akibat kecelakaan itu, belasan orang tewas.

Bus itu mengangkut hampir 40 penumpang. Mereka adalah para alumni SMA di Kota Dong Hoi yang sedang bepergian ke Quang Binh untuk memperingati 30 tahun kelulusan mereka. Akan tetapi, di tengah perjalanan, pengemudi bus kehilangan kendali pada belokan tajam di jalan raya.

Bus yang mengangkut orang-orang yang pernah satu kelas di SMA Dong Hoi itu pun terbalik. Setidaknya 13 orang meninggal dan banyak yang terluka dalam insiden tersebut.

“Para penumpang mengatakan, ketika bus sedang melakukan perjalanan menuruni lereng, ada tanda-tanda rem rusak,” demikian laporan surat kabar Tuoi Tre, seperti dikutip kembali AFP, Minggu (26/7/2020).

Gambar-gambar yang dibagikan di sejumlah situs berita menunjukkan sebuah bus salah satu sisinya masuk ke dalam selokan di jalan beraspal. Beberapa gambar juga menunjukkan sejumlah petugas tengah berusaha menyelamatkan para korban kecelakaan bus itu.

Tingkat keselamatan berkendara di jalan-jalan Vietnam cukup menjadi sorotan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, cedera atau luka akibat kecelakaan lalu lintas adalah penyebab utama kematian bagi mereka yang berusia 15-29 tahun di negara itu.

Sejauh ini, Vietnam telah mencatat lebih dari 3.200 kematian akibat kecelakaan di jalan raya dalam enam bulan pertama tahun ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil