Bus Wisata Gletser Terbalik di Pegunungan Rocky Kanada, 3 Orang Tewas

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 19 Juli 2020 - 13:38 WIB
Bus Wisata Gletser Terbalik di Pegunungan Rocky Kanada, 3 Orang Tewas

Bendera Nasional Kanada berkibar dengan latar belakang Pegunungan Rocky (ilustrasi). (Foto: AFP)

OTTAWA, iNews.id – Sebuah bus wisata pemantau gletser terbalik di kawasan rekreasi populer di Pegunungan Rocky Kanada, Sabtu (19/7/2020) waktu setempat. Tiga orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka dalam insiden itu.

Kendaraan segala medan itu meluncur dari jalan dekat Columbia Icefield di Taman Nasional Jasper, Alberta, kata penyiar nasional CBC. Foto-foto yang diterbitkan oleh media tersebut menunjukkan bus berwarna merah putih yang terbalik di lereng berbatu di bawah jalan di seberang moraine gletser. Bus itu dilengkapi dengan ban bergaya truk monster yang digunakan untuk melintasi es.

Menurut keterangan salah satu saksi mata, Vanja Krtolica, bus itu kehilangan kendali dan meluncur menuruni bukit. “Tiba-tiba, semua orang mulai berteriak karena mereka melihat bus wisata itu kehilangan kendali,” kata Krtolica, yang berada di bus yang sama, kepada Globe and Mail seperti dikutip AFP, Minggu (19/7/2020).

“Bus melaju menurun 33 derajat, bukit terjal, dan kehilangan kendali,” ujarnya.

Bus wisata itu diketahui milik Pursuit, sebuah perusahaan yang membawa wisatawan berkeliling melihat-lihat Gletser Athabasca—yang disebut-sebut sebagai salah satu “jari” Icefield Columbia. Dari 27 penumpang di bus itu, tiga orang dewasa dipastikan meninggal.

“Sementara, sejumlah penumpang lainnya yang terluka parah,” ungkap Kepolisian Kanada dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh Global News.

Mereka yang terluka diangkut dengan helikopter dari lokasi terpencil tersebut. Kemudian, para korban diangkut melalui ambulans udara dan darat ke rumah sakit di wilayah tersebut.

Kecelakaan itu terjadi di salah satu daerah wisata paling populer di bagian barat Kanada di sepanjang Icefields Parkway yang indah yang melintasi Taman Nasional Banff dan Jasper.

Editor : Ahmad Islamy Jamil