Cacar Monyet Sudah Masuk Arab Saudi

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 15 Juli 2022 - 07:13:00 WIB
Cacar Monyet Sudah Masuk Arab Saudi
Ilustrasi sampel hasil uji cacar monyet. (Foto: Reuters)

RIYADH, iNews.id – Kementerian Kesehatan Arab Saudi pada Kamis (14/7/2022) kemarin mendeteksi kasus pertama cacar monyet (monkeypox). Kasus itu ditemukan pada seseorang yang baru saja tiba dari luar negeri. 

Menurut laporan kantor berita SPA, dengan mengutip Kemenkes Saudi, kasus itu tercatat di Kota Riyadh. Pasien tersebut kini menjalani perawatan medis menyeluruh di bawah prosedur kesehatan negara. 

“Kami telah mengidentifikasi siapa saja yang telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi; namun, orang-orang ini belum menunjukkan gejala apa pun,” ungkap Kemenkes Saudi.

Kementerian menegaskan, mereka terus memantau perkembangan cacar monyet. Pemerinah pun sudah siap untuk memerangi penyakit tersebut. Otoritas Saudi juga merekomendasikan semua warga untuk selalu mengikuti protokol kesehatan, terutama saat bepergian.

Pada Selasa (12/7/2022), Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, jumlah orang yang didiagnosis terkena cacar monyet telah mencapai 9.200 kasus. Kejadian infeksi virus itu terdeteksi di 63 negara.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda