California Lockdown, 39 Juta Warga Dilarang Keluar Rumah

Anton Suhartono · Jumat, 20 Maret 2020 - 11:16:00 WIB
California Lockdown, 39 Juta Warga Dilarang Keluar Rumah
Gavin Newsom (Foto: AFP)

LOS ANGELES, iNews.id - Gubernur California, Amerika Serikat, Gavin Newsom memerintahkan semua warganya tidak berpergian dan tetap di rumah untuk mencegah penyebaran virus korona. Aturan ini mulai berlaku pada Jumat (20/3/2020) malam.

California merupakan negara bagian pertama di AS yang mengumumkan lockdown, langkah dramatis terkait semakin melonjaknya penderita Covid-19.

Menurut Newsom, upaya mencegah virus korona adalah kewajiban bersama, bukan individu sehingga semua harus menaatinya.

"Ada kebersamaan, ada pengakuan saling kebergantungan yang mengarahkan kami untuk mengeluarkan perintah ke seluruh negara bagian agar warga tetap tinggal di rumah," katanya, dikutip dari AFP.

Dia tak menyebut sampai kapan aturan ini berlaku karena pandemi merupakan situasi yang dinamis.

Lebih lanjut Newsom menegaskan tak akan ada penegakan hukum terhadap mereka yang melanggar, namun meminta kesadaran dari warga.

"Saya kira warga perlu menyadari untuk melakukan lebih banyak dan mereka akan menjaga perilaku masing-masing," ujarnya.

Sementara itu pemerintah mengecualikan warga yang memiliki tugas penting seperti tenaga kesehatan dan penjaga toko yang menjual kebutuhan pokok.

"Kami ingin orang-orang tetap beraktivitas untuk pekerjaan-pekerjaan penting. Kami ingin ada orang yang menangani hal-hal penting secara bijaksana," ujarnya.

California merupakan rumah bagi lebih dari 39 juta jiwa dan menjadi salah satu wilayah di AS yang paling parah terdampak virus korona. Sejauh ini sedikitnya 18 orang meninggal di California.

Dalam surat kepada Presiden Donald Trump, Rabu, Newsom meminta bantuan pemerintah pusat. Dia memperingatkan kasus korona di beberapa daerahnya bisa naik berlipat ganda setiap 4 jam.

"Kami memperkirakan sekitar 56 persen dari populasi kami, 25,5 juta orang, akan terinfeksi virus selama 8 pekan mendatang," katanya, dalam surat.

Pengumuman lockdown di California ini disampaikan beberapa saat setelah Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti memberlakukan perintah serupa. Los Angeles merupakan kota terbesar di California.

Editor : Anton Suhartono