Canggih! RS di Malaysia Gunakan Robot dalam Operasi Penggantian Sendi

Antara · Senin, 18 Juli 2022 - 15:29:00 WIB
Canggih! RS di Malaysia Gunakan Robot dalam Operasi Penggantian Sendi
Ilustrasi tindakan operasi oleh tim dokter di rumah sakit. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Sebuah rumah sakit di Selangor, Malaysia, menggunakan dua sistem robot untuk membantu melakukan operasi penggantian sendi pada pasien. Cara kerja alat itu bekerja mirip dengan global positioning system (GPS) pada kendaraan.

Sistem robot tersebut mampu memberikan model tiga dimensi (3D) hasil pemindaian tomografi terkomputasi (CT scan) pada pasien. Hal itu memudahkan ahli bedah merencanakan prosedur sebelum operasi dan menentukan ukuran implan yang akurat.

Konsultan Ahli Bedah Ortopedi dan Artroplasti Sunway Medical Center, Dr Chua Hwa Sen mengatakan, dengan teknologi itu, tim medis dapat memastikan penempatan implan yang lebih akurat dan melakukan operasi yang sukses dengan efek invasif yang minimal.

Teknologi itu juga memungkinkan pasien mengalami lebih sedikit rasa sakit pascaoperasi dan dapat pulih lebih cepat. Menurut Dr Chua, pasien pertama penggantian pinggul bilateral dengan bantuan robot kini dapat bergerak dengan nyaman dan lebih sering, tanpa harus selalu bergantung pada anggota keluarga.

“Yang terpenting, dia tidak lagi mengalami rasa sakit dan tekanan pada persendiannya setelah berjalan jauh atau naik mobil,” ungkapnya dalam keterangan tertulis di Kuala Lumpur, Senin (18/7/2022).

Ahli Bedah Ortopedi, Antroplasti, dan Trauma Sunway Medical Center, Dr Shail Suresh mengatakan, teknologi cerdas dan adaptif itu memungkinkan tim dokter untuk mendapatkan tingkat akurasi yang tinggi. Metode itu juga mengurangi ketidaksejajaran dalam operasi artroplasti lutut yang komprehensif, jika dibandingkan dengan prosedur konvensional.

Pada dasarnya, tujuan operasi penggantian sendi komprehensif dengan bantuan robotika adalah mengurangi rasa sakit pasien.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda