China Akan Bentuk Badan Keamanan Nasional Hong Kong

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 19:49 WIB
China Akan Bentuk Badan Keamanan Nasional Hong Kong

Seorang demonstran menghadapi tembakan gas air mata dari aparat keamanan di Hong Kong. (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.idChina akan membentuk Badan Keamanan Nasional di Hong Kong untuk mengawasi pelaksanaan undang-undang baru ke depan. Undang-undang yang dimaksud yaitu UU Keamanan Nasional, yang dibuat Beijing dengan tujuan untuk menindak segala bentuk pembangkangan di kota bekas jajahan Inggris.

Undang-undang baru itu juga akan mengesampingkan semua undang-undang Hong Kong yang ada yang mungkin bertentangan dengannya setelah diterapkan, kantor berita Xinhua mengungkapkan dalam laporannya. Laporan tersebut mengikuti kesimpulan dari pertemuan Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional—lembaga yang berfungsi semacam DPR di China.

Badan Keamanan Nasional Hong Kong akan dipimpin oleh kepala eksekutif kota tersebut (yang saat ini dijabat Carrie Lam) dan akan diberi kewenangan bertindak untuk mengatasi ancaman keamanan. Xinhua mengatakan, UU Keamanan Nasional akhirnya akan memberikan legalitas China untuk mengkriminalisasi segala bentuk upaya pemisahan diri Hong Kong, subversi kekuasaan negara, terorisme, dan kolusi dengan militer asing yang membahayakan keamanan.

“Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional akan segera merampungkan undang-undang tersebut,” ungkap Xinhua, dikutip kembali AFP, Sabtu (20/6/2020).

Undang-Undang Keamanan Nasional buatan China yang kontroversial telah menimbulkan kegaduhan internasional. UU itu dikhawatirkan bakal mengakhiri kebebasan Hong Kong yang masih tersisa saat ini, sejak diserahkan Inggris ke China pada 1997.

Editor : Ahmad Islamy Jamil