China Dorong Pasutri Punya Anak Lebih Banyak, Bukan Cuma 2

Anton Suhartono ยท Senin, 23 November 2020 - 08:21:00 WIB
China Dorong Pasutri Punya Anak Lebih Banyak, Bukan Cuma 2
China akan mendorong setiap pasangan memiliki lebih banyak anak untuk mengatasi berkurangnya angkatan kerja (Foto: Reuters)

SHANGHAI, iNews.id - China akan mendorong pasangan suami istri menambah anak dalam upaya menyeimbangkan jumlah populasi lanjut usia, melalui rencana 5 tahun, yakni 2021-2025.

Pemerintah akan menawarkan bantuan keuangan serta kebijakan ekstensif lain untuk mendorong pasutri memiliki lebih banyak anak.

"Kebijakan kependudukan yang lebih inklusif akan diperkenalkan untuk meningkatkan kesuburan, kualitas tenaga kerja, dan struktur penduduk," kata Wakil Presiden Asosiasi Populasi China, Yuan Xin, dikutip dari Reuters, Senin (23/11/2020).

China memperkenalkan "kebijakan satu anak" yang kontroversial pada 1978 dengan alasan untuk mengurangi kemiskinan. Perekonomian negara digerogoti oleh pertumbuhan populasi yang cepat saat itu, terutama di perdesaan.

Namun negara terpadat di dunia itu mengubah haluan pada 2016 dengan mengizinkan pasangan untuk memiliki dua anak. Ini untuk mengatasi peningkatan pesat jumlah kalangan lanjut usia serta berkurangnya angkatan kerja.

Para ahli demografi menilai, kebijakan 2016 itu belum cukup mengatasi krisis kependudukan sehingga semua batasan harus dicabut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2