China Gelar Latihan Perang Setelah Joe Biden Janji Bantu Taiwan dengan Kekuatan Militer

Anton Suhartono ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 12:52:00 WIB
China Gelar Latihan Perang Setelah Joe Biden Janji Bantu Taiwan dengan Kekuatan Militer
China menggelar latihan perang di dekat Taiwan untuk peringatkan AS (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Militer China menggelar latihan perang di dekat Taiwan sebagai upaya untuk memperingatkan Amerika Serikat (AS). Ketegangan antara China dan Taiwan terus meningkat dipicu aktivitas militer, termasuk pengerahan pesawat-pesawat tempur Negeri Tirai Bambu.

Kali in Komando Armada Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) kembali melakukan aktivitas militer di dekat wilayah Taiwan.

"Baru-baru ini, Komando Armada Timur Tentara Pembebasan Rakyat China menggelar patroli kesiapan tempur gabungan dan latihan militer di laut dan ruang udara sekitar pulau Taiwan," bunyi pernyataan PLA, dikutip dari Sputnik, Rabu (25/5/2022).

Disebutkan, latihan itu sebagai peringatan serius terkait aktivitas AS dan Taiwan baru-baru ini.

Dalam kunjungan ke Jepang pada Senin (23/5/2022), Presiden AS Joe Biden mengatakan negaranya akan mengirim kekuatan militer ke Taiwan untuk membantu wilayah itu menghadapi serangan China. Ini merupakan penegasan terbarunya untuk membantu wilayah yang diklaim China sebagai salah satu provinsinya itu.

Menurut Biden, Amerika, bersama negara-negara lain, siap untuk memastikan agar China tidak bisa mengerahkan kekuatan militer di Taiwan. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: