China Ingin Undang Palestina dan Israel Berunding di Tiongkok

Antara ยท Rabu, 24 Maret 2021 - 19:00:00 WIB
China Ingin Undang Palestina dan Israel Berunding di Tiongkok
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id – Pemerintah China berencana mengundang negosiator Palestina dan Israel untuk mengelar pembicaraan di Tiongkok. Rencana itu diungkapkan oleh saluran TV Alarabiyah, mengutip Menteri Luar China, Wang Yi, saat wawancara pada Rabu (24/3/2021).

Wang Yi, yang memulai tur Timur Tengah pekan ini, juga menyuarakan dukungan terhadap inisiatif Arab Saudi yang diumumkan pada Senin (22/3/2021) untuk menghentikan perang di Yaman.

China di masa lalu berulang kali menawarkan diri sebagai alternatif dari Amerika Serikat untuk menjadi mediator antara Palestina dan Israel. Beijing pun beberapa kali mengajukan sejumlah solusi untuk mengakhiri konflik puluhan tahun antara keduanya.

“Kami akan mengundang tokoh publik Palestina dan Israel untuk mengelar pembicaraan di China,” kata Wang seperti diberitakan Alarabiyah.

Akan tetapi, Wang tidak menjelaskan rencana perundingan itu lebih jauh. Tidak diketahui juga secara pasti apakah dia telah mempertimbangkan perwakilan pemerintah untuk pembicaraan tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2