China Kirim Pesawat Luar Angkasa ke Bulan, Ungkap Asal Usul Satelit Bumi

Anton Suhartono · Minggu, 22 November 2020 - 16:34 WIB
China Kirim Pesawat Luar Angkasa ke Bulan, Ungkap Asal Usul Satelit Bumi

Roket Long March 5 yang akan membawa pesawat luar angkasa China Chang'e-5 ke Bulan (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - China akan meluncurkan pesawat luar angkasa tanpa awak ke Bulan pekan ini untuk mengambil sampel batuan. Ini merupakan upaya pertama yang dilakulan negara di dunia dalam mengambil sampel di Bulan sejak 1970-an.

Pesawat Chang'e-5 akan mengumpulkan sampel bebatuan guna membantu para ilmuwan mengungkap asal-usul pembentukan satelit Bumi itu. Misi tersebut sebagai uji coba kemampuan China untuk mengambil sampel luar angkasa, sebelum mereka melakukan misi lebih jauh lagi.

Jika berhasil, misi ini akan menjadikan China sebagai negara ketiga di dunia yang mengambil sampel Bulan, setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Uni Soviet mendaratkan pesawat luar angkasa Luna 2 di Bulan pada 1959 sekaligus menjadi benda pertama buatan manusia yang mendarat di angkasa. Sepuluh tahun kemudian, pesawat luar angkasa AS, Apollo, mencapai Bulan, sekaligus menjadi yang pertama mengantar manusia ke Bulan.

Disusul setelah itu misi AS mendaratkan 12 astronot ke Bulan dalam enam misi dari 1969 hingga 1972. Mereka membawa bebatuan dan tanah dengan total berat 382 kilogram (kg).

Uni Soviet tak mau ketinggalan, mereka mengerahkan tiga misi pengiriman robot pada 1970-an. Pada 1976, pesawat Luna 24 mengambil 170,1 gram sampel dari Mare Crisium atau Sea of ​​Crises.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua