China Latihan Perang Lagi di Sekitar Taiwan, Begini Komentar Santai Joe Biden

Anton Suhartono · Senin, 08 Agustus 2022 - 21:19:00 WIB
China Latihan Perang Lagi di Sekitar Taiwan, Begini Komentar Santai Joe Biden
Joe Biden yakin China tak akan melakukan lebih meski melanjutkan latihan perang di sekitar Taiwan (Foto: Reuters)

DOVER, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengaku tidak khawatir dengan Taiwan, tapi menyoroti meningkatnya aktivitas militer China di sekitar pulau itu. China menggelar latihan perang besar-besaran sejak Ketua DPR Nancy Pelosi berkunjung pekan lalu.

"Saya khawatir mereka bergerak seaktif mungkin. Tapi saya kira mereka tak akan melakukan sesuatu yang lebih," kata Biden, dikutip dari Reuters, Senin (8/8/2022).

China mengumumkan latihan perang terbaru di sekitar Taiwan pada Senin, sehari setelah menggelar aktivitas serupa dengan kekuatan sangat besar.

Fokus latihan kali ini adalah operasi anti-kapal selam dan serangan laut.

Belum diketahui berapa lama latihan digelar serta zona-zona mana saja yang digunakan. Pada latihan sebelumnya Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China menggelar latihan penembakan dengan meluncurkan belasan rudal balistik serta simulasi penyerbuan ke Taiwan dari laut dan udara.

Dalam latihan perang sehari setelah kunjungan Pelosi, China menembakkan belasan rudal hipersonik, empat di antaranya melintasi langit Taipei serta lima mendarat di perairan Zona Ekonomi Ekslusif Jepang.

Selain itu kapal-kapal perang, jet tempur, dan drone China melakukan manuver yang melintasi garis batas tengah di Selat Taiwan, memicu ketegangan.

Puncaknya, pada hari terakhir latihan Minggu kemarin, sekitar 10 kapal perang dari masing-masing pihak bermanuver dalam jarak dekat di sekitar garis batas yang membagi Selat Taiwan. Tak ada penembakan dalam insiden itu.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda