Waduh, China Latihan Perang Lagi di Sekitar Taiwan Simulasikan Serangan Laut

Anton Suhartono · Senin, 08 Agustus 2022 - 13:22:00 WIB
Waduh, China Latihan Perang Lagi di Sekitar Taiwan Simulasikan Serangan Laut
China mengumumkan latihan perang terbaru di sekitar Taiwan, kali ini fokus operasi anti-kapal selam dan serangan laut (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id - China mengumumkan latihan perang terbaru yang meliputi wilayah di sekeliling Taiwan, Senin (8/8/2022). Padahal negara itu baru merampungkan latihan perang serupa pada Minggu kemarin. 

Seperti sebelumnya, latihan perang terbaru ini meliputi wilayah perairan dan ruang udara di sekitar Taiwan. 

Komando Armada Timur China menyatakan, latihan gabungan terbaru ini berfokus pada operasi anti-kapal selam serta serangan laut.

China belum mengungkap berapa lama serta lokasi yang digunakan selama latihan terbaru ini. Namun Taiwan telah melonggarkan pembatasan penerbangan sebagaimana diberlakukan terkait latihan perang China sebelumnya yang digelar di enam area di sekitar pulau itu.

Sesaat sebelum China mengumumkan latihan perang terbaru, Presiden Taiwan Tsai Ing Wen mengatakan dirinya menerima kunjungan Perdana Menteri St Vincent and Grenadines Ralph Gonsalves. Tsai mengatakan, Gonsalves tergerak untuk mengunjungi Taiwan meski ada tekanan dari militer China.

"Perdana Menteri Gonsalves mengatakan dalam beberapa hari terakhir, latihan militer China tidak akan mencegahnya mengunjungi rekan-rekannya di Taiwan. Pernyataan ini sangat menyentuh kami," kata Tsai, saat upacara penyambutan Gonsalves di Taipei.

Tidak jelas apakah Tsai mengundang Gonsalves sebelum atau sesudah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda