China Perbarui 3 Pangkalan Udara Dekat Taiwan, Sinyal Konflik Semakin Kuat

Salsabila Nur Rizki ยท Minggu, 17 Oktober 2021 - 08:49:00 WIB
China Perbarui 3 Pangkalan Udara Dekat Taiwan, Sinyal Konflik Semakin Kuat
Penampakan foto satelit pangkalan udara Zhengzhou, China, yang diperbarui (Foto: Planet Labs)

LONDON, iNews.id - Foto-foto satelit menunjukkan China sedang memperbarui tiga pangkalan udara (lanud) di Provinsi Fujian yang menghadap ke Taiwan. Mungkinkah ini sinyal rencana invasi China ke Taiwan?

Foto tersebut dirilis setelah beberapa insiden yang meningkatkan ketegangan kedua pihak. Pada awal Oktober China mengerahkan hampir 150 pesawat tempur ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan. Disusul kemudian dengan latihan perang pendaratan pasukan ke sebuah pantai di Fujian.
 
Tiga lanud yang diperbarui China adalah Longtian, Huian, dan Zhangzou, yang berjarak kurang dari 400 kilometer dari Ibu Kota Taiwan, Taipei.

Di Lanud Longtian terdapat lima tempat penyimpanan pesawat dan empat penampungan pesawat yang terhubung ke landasan pacu guna mempercepat lepas landas dan pergerakan personel angkatan udara. Sementara itu di Huain juga didirikan empat tempat penampungan pesawat yang terhubung ke landasan pacu. Tempat itu sedang dalam perbaikan berdasarkan foto satelit yang diambil pada 2 Oktober. Sedangkan di Lanud Zhangzhou terdapat tempat pertahanan udara serta beberapa bangunan baru.

Pengamat militer dari Makau Antony Wong Tong mengatakan perkambangan ini merupakan petunjuk bahwa lanud tersebut dipersiapkan guna mengantisipasi konflik atau perang dengan Taiwan di masa depan.

“Longtian sepertinya akan dijadikan sebagai aerodrome alternatif setelah perbaikan, sementara empat penampungan pesawat di Huain menjadi petunjuk tempat itu akan menjadi penampungan angkatan bersenjata dalam skala penuh,” kata Tong, dikutip dari South China Morning Post, Minggu (17/10/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: