China Protes Tayangan Upacara Pembukaan Olimpiade Gara-Gara Peta Taiwan

Anton Suhartono ยท Minggu, 25 Juli 2021 - 07:32:00 WIB
China Protes Tayangan Upacara Pembukaan Olimpiade Gara-Gara Peta Taiwan
China protes tayangan upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 yang ditayangkan di AS terkait peta Taiwan dan Laut China Selatan (Foto: Reuters)

SHANGHAI, iNews.id - China mengkritik tayangan upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 oleh NBC Universal karena tak menunjukkan peta lengkap negaranya. Saat para atlet China masuk, peta negara ditampilkan namun tak memasukkan Taiwan serta Laut China Selatan.

Konsulat Jenderal China di New York, Amerika Serikat, menyatakan di akun media sosial Weibo, tayangan peta itu menyakiti martabat serta emosi rakyat China.

Mereka tidak menjelaskan mengapa keberatan dengan peta tersebut, namun mendesak NBC untuk memahami masalah ini secara sensitif dan memperbaiki kesalahan.

Comcast, selaku pemilik NBC, pemegang hak siar Olimpiade untuk AS, belum memberikan komentar terkait protes pemerintah China.

Surat kabar pemerintah China Global Times juga mengkritik tayangan pembukaan Olimpiade serta tampilan peta.

Namun ini bukan masalah pertama terkait peta oleh China, terutama soal Taiwan dan Laut China Selatan. Universitas Johns Hopkins tahun lalu memperbaiki peta sebaran kasus Covid-19 karena tak memasukkan Taiwan sebagai bagian dari China.

Sebelumnya toko retail fesyen AS Gap Inc meminta maaf karena peta China yang terpampang dalam produk kaos. Foto yang diunggah di media sosial menunjukkan peta pada kaos tersebut tidak termasuk Taiwan dan Laut China Selatan. 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: