China Sahkan UU Pendidikan Baru, Siswa Tak Boleh Diberi PR dan Bimbel Tertentu

Anton Suhartono ยท Sabtu, 23 Oktober 2021 - 13:29:00 WIB
China Sahkan UU Pendidikan Baru, Siswa Tak Boleh Diberi PR dan Bimbel Tertentu
China mengesahkan UU untuk mengurangi tekanan kepada para siswa terutama PR dan bimbingan belajar (Foto: Reuters)

SHANGHAI, iNews.id - China mengesahkan undang-undang (UU) pendidikan yang baru untuk mengurangi tekanan para siswa dari beban sekolah. UU melarang sekolah memberikan pekerjaan rumah (PR). Selain itu UU melarang orangtua memberikan pelajaran tambahan privat atau bimbingan belajar untuk mata pelajaran utama.

Dengan disahkannya UU baru yang belum diterbitkan secara penuh itu, seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, Sabtu (23/10/2021), pemerintah daerah kini bertanggung jawab untuk mengurangi tekanan ganda pada siswa, yakni PR dan bimbingan belajar. Selain itu pemerintah mendesak para orangtua untuk lebih ketat mengawasi anak-anak, termasuk memberikan istirahat yang cukup dan olahraga. Dengan begitu diharapkan tekanan pada anak-anak akan berkurang.

Hal lain, orangtua juga harus mengawasi penggunaan internet yang berlebihan pada anak-anak.

Parlemen China pada Senin lalu mempertimbangkan aturan untuk menghukum orangtua jika anak-anak mereka menunjukkan perilaku sangat buruk atau melakukan kejahatan.

Sebelumnya China membatasi jam main game online untuk anak-anak karena dianggap memberikan dampak buruk. Kementerian Pendidikan membatasi jam bermain game untuk anak di bawah umur selama 1 jam pada Jumat, Sabtu, dan Minggu saja.

Aturan lain adalah mengurangi PR dan melarang les pascasekolah untuk mata pelajaran tertentu selama akhir pekan dan hari libur.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: