Heboh Pernyataan Biden soal Lindungi Taiwan dari China, Begini Tanggapan Gedung Putih

Anton Suhartono ยท Jumat, 22 Oktober 2021 - 14:12:00 WIB
Heboh Pernyataan Biden soal Lindungi Taiwan dari China, Begini Tanggapan Gedung Putih
Joe Biden (Foto: Reuters)

BALTIMORE, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan akan membela Taiwan serta membantu untuk mempertahankan wilayah itu dari gangguan manapun. Ketegangan Taiwan dan China meningkat beberapa bulan terakhir ditandai dengan tingginya aktivitas militer kedua pihak. 

"Ya, kami memiliki komitmen melakukan itu," kata Biden dalam acara town hall CNN, saat ditanya apakah AS akan membela Taiwan dari rongrongan China, seperti dilaporkan kembali Reuters, Jumat (22/10/2021).

Biden menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai kekuatan militer AS karena China, Rusia, dan seluruh dunia sudah mengetahui bahwa militer AS merupakan yang paling kuat dalam sejarah dunia.

"Yang harus Anda khawatirkan adalah apakah mereka akan terlibat dalam kegiatan yang menempatkan mereka pada posisi yang mungkin membuat kesalahan serius. Saya tidak ingin Perang Dingin dengan China. Saya hanya ingin China mengerti bahwa kami tidak akan mundur, kami tidak akan mengubah sikap," kata Biden.

Pernyataan Biden itu mengundang kehebohan dan tanda tanya mengenai apakah ada perubahan kebijakan pemerintah AS soal Taiwan.  Sesuai undang-undang, AS memang punya kewajiban memberikan Taiwan sarana untuk mempertahankan diri jika diserang China, tak lebih dari itu.

Setelah Biden menyampaikan pernyataan, seorang juru bicara Gedung Putih menegaskan kebijakan AS terhadap Taiwan tak berubah.

"Tidak ada perubahan dalam kebijakan kami," ujarnya, namun menolak berkomentar lebih lanjut saat ditanya apakah Presiden salah menyampaikan pernyataan.

Dia melanjutkan kerja sama pertahanan AS dengan Taiwan didasarkan atas Undang-Undang Hubungan Taiwan. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: