China Setujui Penggunaan Vaksin Sinopharm untuk Anak 3 sampai 17 Tahun

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 16:30:00 WIB
China Setujui Penggunaan Vaksin Sinopharm untuk Anak 3 sampai 17 Tahun
China setujui penggunaan vaksin Covid-19 Sinopharm untuk anak 3 sampai 17 tahun (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Satu lagi vaksin Covid-19 China mendapat persetujuan dari otoritas setempat untuk digunakan pada usia 3 sampai 17 tahun. Setelah Sinovac, kini giliran produk Sinopharm yang mendapat izin penggunaan darurat tersebut.

Peneliti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China, Shao Yiming, mengatakan unit vaksin Covid-19 Sinopharm, Beijing Institute of Biological Products, memperoleh persetujuan itu untuk penggunaan di dalam negeri.

Sinopharm menyusul CoronaVac, vaksin virus corona produksi Sinovac yang lebih dulu mendapatkannya yakni pada 5 Juni lalu.

Bos Sinovac Biotech Yin Weidong saat itu mengatakan, otoritas kesehatan masih menentukan waktu dimulainya vaksinasi Covid-19 pada anak-anak.

China sudah menyuntik 845 juta dosis vaksin Covid hingga saat ini, namun diperuntukkan bagi kalangan berusia 18 tahun ke atas. 

Hasil awal dari uji klinis Fase I dan II menunjukkan, vaksin Sinovac memicu respons imun pada peserta berusia 3 hingga 17 tahun. Sebagian besar dari relawan hanya mengalami reaksi merugikan yang ringan.

Satu vaksin China lainnya, CanSino Biologics, telah memasuki uji coba Fase II melibatkan kalangan berusia antara 6 dan 17 tahun.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2