China Temukan Istana Berusia 5.300 Tahun

Djairan ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 09:56:00 WIB
China Temukan Istana Berusia 5.300 Tahun
Arkeolog China temukan istana kuno berusia 5.300 tahun (Foto: Xinhua)

ZHENGZHOU, iNews.id - Arkeolog China menemukan istana tertua berlokasi di Provinsi Henan. Penemuan ini memperpanjang peradaban sejarah negara itu dalam membangun istana sekitar 1.000 tahun.

Presiden Masyarakat Arkeologi China Wang Wei, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (14/1/2021), mengatakan, istana yang ditemukan di situs Shuanghuaishu itu diyakini merupakan bukti kunci dari asal-usul peradaban China yang berusia lebih dari 5.000 tahun.

Situs Shuanghuaishu berada di lahan seluas 1,17 juta meter persegi, terletak di tepi selatan Sungai Kuning di kotapraja Heluo, Gongyi, Henan. Lokasi ini merupakan ibu kota Kerajaan Heluo kuno yang diketahui berusia sekitar 5.300 tahun dan menjadi saksi asal muasal peradaban China.

Reruntuhan istana kuno yang ditemukan itu dibangun di atas tanah dengan platform tinggi seluas sekitar 4.300 meter persegi, sarat dengan fondasi struktur bangunan. 

Aktivitas penggalian juga mengungkap secara jelas tata letak dari dua bagian penting struktur bangunan.

Di bagian barat lahan tersebut terdapat halaman dengan bentuk persegi panjang. Sementara di luar dinding selatan terdapat alun-alun seluas hampir 880 meter persegi. Penemuan itu menunjukkan tata letak istana kuno yang khas, di mana wilayah administratif istana kerajaan berada di depan tempat tinggal.

"Penataan ruang dari halaman yang begitu besar dan kota istana yang menempatkan wilayah administratif di depan ruang keluarga kerajaan, ini melahirkan metode pengkajian terhadap arsitektur istana di China," ujar He Nu, peneliti di Akademi Ilmu Sosial China. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2