China Untung jika Donald Trump Menangkan Pilpres AS, Ini Penjelasannya

Anton Suhartono ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 12:49 WIB
China Untung jika Donald Trump Menangkan Pilpres AS, Ini Penjelasannya

China akan diuntungkan jika Donald Trump memenangkan Pilpres AS (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - China akan diuntungkan jika Donald Trump memenangkan Pilpres AS. Ini terkait dengan kebijakan pemerintahan Trump selama ini terhadap China yang kesannya menyerang, namun di balik itu tersimpan keuntungan.

Di bawah slogan 'America First', Trump menggambarkan China sebagai ancaman terbesar bagi AS dan demokrasi global. Dia melancarkan perang dagang besar-besaran yang merugikan China miliaran dolar, menghina perusahaan teknologi China, serta menyalahkan negara itu soal pandemi Covid-19.

Di sisi lain, serangan Trump itu justru memperkuat China. Presiden Xi Jinping menggunakan momentum ini untuk memperkuat kebangkitan negaranya sebagai negara adidaya global.

"Kesempatan untuk meningkatkan posisi globalnya sebagai juara untuk globalisasi, multilateralisme, dan kerja sama internasional," kata profesor ilmu politik dan hubungan internasional Universitas Bucknell, Zhiqun Zhu, dikutip dari AFP, Rabu (21/10/2020).

Trump telah menarik AS keluar dari kesepakatan perdagangan Asia-Pasifik dan perjanjian iklim, menarik keanggotaan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), serta memberlakukan tarif miliaran dolar untuk barang-barang China. Saat AS mundur, China justru melangkah maju.

Xi Jinping menyebut China sebagai pemenang perdagangan bebas dan pemimpin perang melawan perubahan iklim, serta berjanji membagikan vaksin Covid-19 yang kepada negara-negara miskin.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua