Covid-19 jadi Isu Politik, Pejabat AS Tak Pakai Masker dalam Penerbangan

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 12:56 WIB
Covid-19 jadi Isu Politik, Pejabat AS Tak Pakai Masker dalam Penerbangan

Senator Partai Republik, Ted Cruz, tertangkap kamera tidak mengenakan masker dalam penerbangan American Airlines (foto: Twitter)

WASHINGTON, iNews.id - Maskapai penerbangan Amerika Serikat, American Airlines, secara resmi menegur Senator Partai Republik, Ted Cruz, setelah foto-fotonya tidak mengenakan masker dalam penerbangan beredar luas.

Dilansir AFP, Selasa (14/7/2020), juru bicara American Airlines mengatakan pihaknya mendapat laporan berupa foto Senator Cruz melepas masker dari wajahnya saat makan dan minum dalam pesawat.

Meskipun tidak merinci mengenai informasi penerbangan apa yang dipakai Senator Cruz, pihak maskapai ingin memastikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 harus dijalankan dengan sesuai oleh semua penumpang tanpa terkecuali.

"Saat kebijakan kami tidak dijalankan dengan sesuai ketika makan atau minum, kami telah menghubungi Senator Cruz untuk mengingatkan pentingnya kebijakan ini," demikian pernyataan resmi maskapai.

Pernyataan America Airlines direspons juru bicara Partai Republik yang mengatakan Senator Cruz tetap menjalankan aturan yang berlaku dalam penerbangan tersebut, khususnya dalam pemakaian masker. Bukan seperti yang dituduhkan pihak maskapai.

"Selama penerbangan, dia melepas masker saat minum dan memakainya kembali setelahnya," kata juru bicara Partai Republik.

"Sudah seharunya kami menjalankan semua aturan umum untuk memutus penyebaran virus (Covid-19)," lanjut isi pernyataan.

Penggunaan masker di tengah tingginya angka penularan Covid-19 di Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir dijadikan isu politik menuju Pilpres AS pada November mendatang.

Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, dalam beberapa kesempatan tampil di depan publik kerap menyinggung Donald Trump yang menolak memakai masker.

Trump yang terus-terusan diserang lawan politiknya menggunakan isu Covid-19 tampil untuk pertama kalinya di depan publik memakai masker saat mengunjungi rumah sakit militer pada akhir pekan kemarin.

Amerika Serikat saat ini tercatat sebagai negara paling banyak kasus Covid-19 di dunia. Berdasarkan data Senin (13/7/2020) kemarin, terdapat 3,43 juta kasus infeksi Covid-19 di Negeri Paman Sam dengan angka kematian menembus 138.000.

Editor : Arif Budiwinarto