Daftar Negara yang Larang Masuk Pelancong dari Afrika akibat Covid Omicron

Anton Suhartono ยท Sabtu, 27 November 2021 - 16:25:00 WIB
Daftar Negara yang Larang Masuk Pelancong dari Afrika akibat Covid Omicron
Satu per satu negara di dunia larang masuk pelancong dari Afrika akibat kekhawatiran Omicron (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Satu per satu negara melarang masuk pelancong dari beberapa negara Arfika untuk mencegah masuknya virus Covid-19 varian baru, B11529 atau Omicron. Varian ini sudah dimasukkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam daftar menjadi 'perhatian'.

Menurut WHO, Omicron kemungkinan bisa menyebar lebih cepat dari varian virus corona lainnya sehingga patut diwaspadai. Varian Omicron pertama kali dilaporkan Afrika Selatan ke WHO pada Rabu lalu, namun beberapa negara dan wilayah, yakni Botswana, Belgia, Israel, dan Hong Kong, sudah mengonfirmasi kasus ini.

Pemerintah Sri Lanka pada Sabtu (27/11/2021) mengumumkan larangan masuk bagi pelancong dari enam negara Afrika akibat kekhawatiran Omicron. Mulai Senin mendatang, pelancong dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, dan Eswatini, dilarang masuk.

Selain itu pendatang asing lain yang pernah berkunjung ke enam negara ini selama 2 hari terakhir menjalani karantina wajib selama 14 hari.

Thailand juga akan melarang masuk pendatang dari delapan negara Afrika dengan alasan yang sama.

Pejabat senior otoritas kesehatan Thailand Opas Karnkawinpong mengatakan, mulai 1 Desember perjalanan dari Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe, akan dilarang.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda