Dahsyatnya Kebakaran Hutan di California, Api Lumat Kota Bersejarah Greenville

Anton Suhartono · Jumat, 06 Agustus 2021 - 09:43:00 WIB
Dahsyatnya Kebakaran Hutan di California, Api Lumat Kota Bersejarah Greenville
Kebakaraan hutan dan lahan di California, AS, turut melumat kota bersejarah Greenville (Foto: Reuters)

GREENVILLE, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan melanda beberapa daerah di California, Amerika Serikat. Salah satu kebakaran hebat terjadi di Greenville, api bahkan melumat kota pertambangan emas bersejarah pada Kamis (5/8/2021).
 
Petugas pemadam bekerja keras memadamkan api di Greenville sampai Kamis setelah kebakaran menjangkau kota itu pada Rabu malam. Kebakaran hutan dan lahan, disebut dengan Dixie Fire, sudah berlangsung 3 pekan sebelum api menjangkau Greenville.

Foto-foto menunjukkan pusat kota membara, jalan utama Greenville yang terkenal dengan kesan lawasnya penuh abu dan puing-puing bangunan. Sementara itu asap kebakaran membubung ke udara.

"Kami kehilangan Greenville malam ini. Tidak ada kata-kata yang bisa menjelaskan bagaimana kami di pemerintahan belum mampu menuntaskan masalah ini. Hati saya sakit atas apa yang dihadapi warga di sana saat ini," kata anggota DPR AS, Doug LaMalfa, dikutip dari Reuters, Jumat (6/8/2021).

Greenville, kota berpopulasi hanya 800 jiwa, dibangun lebih dari 150 tahun lalu seiring ditemukannya tambang emas di dekat daerah itu. Kota menjadi ramai oleh pemukim baru serta pedagang.

"Kampung halaman saya yang unik dan indah berubah menjadi kota hantu tadi malam," kata Meg Upton, seorang warga Greenville yang juga jurnalis.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda