Dapat Green Loan Rp54,6 Triliun, Arab Saudi Bangun 16 Hotel Mewah untuk Genjot Pariwisata

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 27 April 2021 - 16:47:00 WIB
Dapat Green Loan Rp54,6 Triliun, Arab Saudi Bangun 16 Hotel Mewah untuk Genjot Pariwisata
Coral Bloom di Laut Merah menjadi bagian dari proyek besar Arab Saudi untuk menggenjot pariwisata kelas atas, sesuai Visi 2030. (Foto: Ist.)

DUBAI, iNews.id – Pengembang proyek pariwisata andalan Arab Saudi, The Red Sea Development Company (TRSDC), mendapat suntikan dana berupa pinjaman “green loan” sebesar 14,12 miliar riyal (Rp54,6 triliun) dari empat bank di negara itu. Dana tersebut digunakan untuk membangun 16 hotel baru.

Hotel-hotel itu menjadi bagian dari pengembangan pariwisata kelas atas baru di seluruh pulau, gurun, dan pegunungan di dekat pantai barat Arab Saudi. Pengoperasian hotel-hotel itu bakal didukung oleh energi terbarukan. Selain hotel, pengembangan kawasan pariwisata itu juga mencakup pembangunan bandara dan perumahan, di samping fasilitas bisnis, pertokoan, dan tempat-tempat rekreasi.

“Ini adalah pendanaan hijau, yang pertama dari jenisnya dalam fasilitas pinjaman dalam mata uang riyal Saudi. Karenanya, kami sangat bangga dengan fakta itu. Ini juga membantu bank-bank dengan kredensial ESG (lingkungan, sosial dan pemerintahan) mereka sendiri,” kata Kepala Eksekutif TRSDC, John Pagano, dikutip Reuters, Selasa (27/4/2021).

Secara luas, pendanaan hijau atau green finance diartikan sebagai pengaliran dana untuk mendukung program pelestarian lingkungan, termasuk dalam pengelolaan tanah, hutan, air, laut, konservasi, ketahanan, dan lain sebagainya.

Green loan yang diperoleh TRSDC adalah dalam bentuk pinjaman berjangka 15 tahun dan fasilitas kredit bergulir. Kesepakatan pendanaan itu ditandatangani bersama empat bank Saudi, yaitu Banque Saudi Fransi, Saudi British Bank (SABB), Riyad Bank, dan Saudi National Bank (SNB).

Pinjaman tersebut memiliki tingkat bunga sekitar 1 persen di atas tingkat penawaran antarbank Arab Saudi (SAIBOR).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2