Demam Squid Game, Peminat Bahasa Korea Melonjak di Seluruh Dunia
SEOUL, iNews.id - Film Squid Game sedang populer di seluruh dunia. Dampaknya minat orang asing mempelajari bahasa Negeri Gingseng semakin tinggi. Bukan hanya itu, demam Squid Game juga menambah ketertarikan orang terhadap budaya hingga produk kecantikan Korea.
Aplikasi pembelajaran bahasa Duolingo menyatakan, di Inggris Squid Game berkontribusi dalam 76 persen lonjakan pengguna baru yang mendaftar untuk belajar bahasa Korea, sementara di Amerika Serikat 40 persen, 2 pekan setelah pemutaran perdana di Netflix.
"Bahasa dan budaya secara intrinsik terhubung dan apa yang terjadi dalam budaya pop dan media sering memengaruhi tren dalam pembelajaran bahasa dan bahasa itu sendiri. Seiring popularitas musik, film, dan televisi Korea ke kancah global, meningkatkan permintaan untuk belajar bahasa Korea," kata Juru Bicara Duolingo, Sam Dalsimer, dikutip dari Reuters, Senin (11/10/2021).
Perusahaan yang berbasis di Pittsburgh, Pennsylvania, itu memiliki lebih dari 7,9 juta pengguna aktif yang belajar bahasa Korea, menjadikannya sebagai bahasa kedua dengan pertumbuhan tercepat setelah India.
Pekan lalu, Oxford English Dictionary (OED) menambahkan 26 kata baru bahasa Korea dalam kamus edisi terbaru, di antaranya 'hallyu' atau gelombang. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan kesuksesan musik, film, acara televisi, mode, dan makanan Korea Selatan di kancah global.