Demonstrasi Anti-Pemerintahan Netanyahu Rusuh, Ribuan Warga Israel Bentrok dengan Polisi

Anton Suhartono ยท Minggu, 19 Juli 2020 - 08:08 WIB
Demonstrasi Anti-Pemerintahan Netanyahu Rusuh, Ribuan Warga Israel Bentrok dengan Polisi

Polisi mengamankan demonstran anti-pemerintah di dekat kediaman Benjamin Netanyahu di Yerusalem (Foto: AFP)

TEL AVIV, iNews.id - Polisi Israel bentrok dengan demonstran anti-pemerintahan Benjamin Netanyahu, Sabtu (18/7/2020) malam.

Unjuk rasa diikuti ribuan warga Israel yang digelar di dua lokasi yakni sekitar kediaman Netanyahu di Yerusalem serta taman Tel Aviv.

Polisi menembakkan water cannon untuk membubarkan demonstran yang memprotes kelambanan pemerintah dalam menangani wabah virus corona. Israel memberlakukan kembali pembatasan setelah menglami lonjakan kasus.

Pengunjuk rasa menyuarakan rasa frustrasi atas pemberlakuan kembali pembatasan serta mengecam pemerintah karena gagal menambah kapasitas tes Covid-19 menjelang gelombang kedua wabah.

Selain itu, demonstran menuntut pengunduran diri Netanyahu terkait tuduhan korupsi yang kasusnya sedang berlangsung di pengadilan. Sidang lanjutan digelar di pengadilan Yerusalem, Minggu (19/7/2020), meskipun Netanyahu diperkirakan tidak akan hadir.

Juru bicara kepolisian Israel Micky Rosenfeld, dikutip dari AFP, mengatakan, petugas mengizinkan demonstrasi namun terpaksa mengambil tindakan karena pengunjuk rasa memblokir jalan.

Di Tel Aviv, kata Rosenfeld, pengunjuk rasa menyerang petugas menggunakan semprotan merica. Beberapa orang ditangkap dalam kerusuhan dua lokasi tersebut.

Israel mencatat penambahan lebih dari 1.000 kasus virus corona dalam sehari pada beberapa pekan terakhir. Kondisi ini memaksa pemerintah menerapkan kembali pembatasan pada Jumat lalu.

Toko-toko, pasar, dan tempat-tempat umum ditutup selama akhir pekan, sementara restoran tak boleh menerima pengunjung di lokasi, melainkan take away.

Netanyahu mengaku terburu-buru membuka kembali aktivitas perekonomian yakni pada akhir April hingga awal Mei.

Editor : Anton Suhartono