Demonstrasi di Lebanon Rusuh, 1 Orang Ditembak Mati Tentara

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 13 November 2019 - 08:25 WIB
Demonstrasi di Lebanon Rusuh, 1 Orang Ditembak Mati Tentara

Para demonstran Lebanon turun ke jalan secara massal untuk memprotes korupsi dan menuntut reformasi. (FOTO: AFP Photo / Anwar AMRO)

BEIRUT, iNews.id - Seorang pria ditembak mati di selatan Beirut, Rabu (13/11/2019) pagi waktu setempat. Penembakan terjadi setelah tentara mengumumkan pihaknya melepaskan tembakan untuk membubarkan pengunjuk rasa yang menghalangi jalan.

"Korban meninggal karena luka-lukanya di rumah sakit," bunyi laporan Kantor Berita Nasional, seperti dikutip AFP.

Ini merupakan kematian kedua dalam hampir sebulan berlangsungnya aksi protes yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh Lebanon.

Militer menyatakan, mereka menangkap seorang tentara setelah dia melepaskan tembakan di Kota Khalde, untuk membubarkan para pemrotes.

Para pengunjuk rasa menuntut pemecatan politisi yang mereka anggap korup dan tidak cakap memimpin pemerintahan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa malam, Presiden Michel Aoun membela peran sekutunya, gerakan Hizbullah, yang ambil bagian dalam pemerintahan Lebanon, yang memicu lebih banyak aksi protes di jalanan.

Perdana menteri Lebanon sebelumnya mengundurkan diri pada 29 Oktober lantaran tak bisa menemukan jalan keluar untuk mengakhiri krisis. Sejauh ini belum ada upaya untuk membentuk pemerintahan yang baru.

Editor : Nathania Riris Michico