Dewan Keamanan PBB Bahas Konflik Israel-Palestina pada Minggu

Anton Suhartono ยท Jumat, 14 Mei 2021 - 07:33:00 WIB
Dewan Keamanan PBB Bahas Konflik Israel-Palestina pada Minggu
Dewan Keamanan PBB akan bertemu membahas konflik Israel-Palestina pada Minggu (16/5) (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Dewan Keamanan PBB akan membahas konflik terbaru Israel-Palestina pada Minggu (16/5/2021). Pembicaraan ini merupakan perkembangan terbaru setelah Amerika Serikat menolak seruan agar pembicaraan digelar Jumat (14/5/2021).

Para diplomat di Markas Besar PBB New York mengatakan, AS sebagai sekutu dekat Israel mulanya menyarankan pertemuan digelar virtual pada Selasa mendatang.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan butuh beberapa hari bagi AS untuk memungkinkan diplomasi. Namun dia menegaskan AS siap diskusi terbuka di PBB.

Selain itu, AS mengirim utusan ke Timur Tengah karena khawatir konflik kedua pihak bisa lepas kendali, memicu pertempuran besar terbaru seperti terjadi pada 2014.

“AS akan terus secara terlibat aktif dalam diplomasi di tingkat tertinggi untuk mencoba meredakan ketegangan,” kata Dubes AS untuk PBB Linda Thomas Greenfield, dalam cuitan.

DK PBB yang beranggotakan 15 negara telah bertemu dua kali pekan ini membahas konflik terbaru Israel-Palestina, namun sejauh ini belum bisa menyetujui pernyataan publik.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2