Di Tengah Olimpiade, Tokyo Catat Rekor Lonjakan Harian Covid di Atas 4.000 Kasus

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:24:00 WIB
Di Tengah Olimpiade, Tokyo Catat Rekor Lonjakan Harian Covid di Atas 4.000 Kasus
Perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 turut memicu lonjakan infeksi Covid di ibu kota Jepang itu. (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id – Lonjakan harian infeksi Covid di Tokyo, Jepang, melebihi 4.000 kasus untuk pertama kalinya, Sabtu (31/7/2021). Kota tuan rumah Olimpiade 2020 itu mencatat pertambahan tertinggi sebanyak 4.058 kasus dalam 24 jam terakhir.

Rekor baru itu datang sehari setelah Jepang memutuskan untuk memperluas status darurat ke tiga prefektur di dekat Tokyo dan Prefektur Osaka di bagian barat negeri samurai. Keadaan darurat untuk Tokyo pun diperpanjang hingga akhir Agustus, menyusul lonjakan infeksi baru-baru ini.

Di tengah kekhawatiran yang meningkat, penyelenggara Olimpiade Tokyo pada Sabtu ini menyatakan, mereka telah mencabut akreditasi dari orang atau kelompok yang terkait dengan Olimpiade karena kedapatan meninggalkan Wisma Atlet untuk jalan-jalan. Pasalnya, akitivitas semacam itu dianggap sebagai pelanggaran terhadap protokol kesehatan untuk penyelenggaraan pesta olahraga yang aman di tengah pandemi virus corona.

Kendati demikian, penyelenggara Olimpiade tidak mengungkapkan berapa banyak orang yang sudah dicabut akreditasinya karena pelanggaran tersebut. Tidak disebutkan juga apakah orang atau kelompok yang terlibat itu adalah atlet atau bukan, serta; kapan pelanggaran itu terjadi.

“Kami mencabut akreditasi karena kami percaya keluar dari Wisma Atlet untuk jalan-jalan adalah sesuatu yang seharusnya tidak terjadi,” kata Juru Bicara Olimpiade Tokyo 2020, Masa Takaya, akhir pekan ini, dikutip Reuters.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2