Dibayangi Uji Coba Rudal, AS dan Korut Lanjutkan Pembicaraan Pelucutan Senjata Nuklir

Anton Suhartono ยท Sabtu, 05 Oktober 2019 - 16:21:00 WIB
Dibayangi Uji Coba Rudal, AS dan Korut Lanjutkan Pembicaraan Pelucutan Senjata Nuklir
Delegasi Korut tiba di Stockholm untuk bertemu AS soal denuklirisasi (Foto: AFP)

STOCKHOLM, iNews.id - Amerika Serikat dan Korea Utara akhirnya kembali ke meja perundingan untuk membahas denuklirisasi di Semenanjung Korea, Sabtu (5/10/2019).

Pembicaraan pelucutan nuklir Korut terhenti meskipun Presiden Donald Trump dan Pemimpin Kim Jong Un sudah tiga kali bertemu. Kedua pihak mempertahankan sikap masing-masing, AS ingin Korut terlebih dulu melucuti nuklirnya jika ingin sanksi dicabut, sementara Korut sebaliknya.

Pejabat dari kedua negara bertemu di Stockholm, Swedia, untuk membahas kelanjutan denuklirisasi. Pertemuan tingkat kerja ini merupakan hasil kesepakatan antara Trump dan Kim pada 30 Juni lalu saat bersua di Zona Demiliterisasi, perbatasan Korut dan Korea Selatan.

Pejabat Korut Kim Myong Gil dan mitranya dari AS, yakni utusan khusus Trump, Stephen Biegun, memimpin delegasi masing-masing dalam pertemuan tertutup tersebut.

Pada pukul 09.00 waktu setempat, sebuah mobil mengangkut delegasi Korut bergerak ke lokasi pertemuan.

Sebelumnya saat berada di Beijing, China, dalam perjalanan menuju Stockholm, Myong Gil mengatakan optimistis dengan pertemuan ini. Sementara AS memang sudah menantikan pertemuan ini, meski dibayangi uji coba rudal Korut beberapa kali.

Korut mengklaim telah mencapai kemajuan pesat dalam mengembangkan alat pertahanannya. Pada Rabu, Korut menguji coba rudal superbesar terbaru yang diluncurkan dari kapal selam.

Uji coba ini merupakan yang paling provokatif sejak Trump dan Kim Jong Un pertama kali bertemu pada Februari 2018 di Singapura. Setelah pertemuan itu Kim Jong Un berjanji akan lebih mengendalikan rudal-rudalnya.

Mengomentari uji coba tersebut, Pentagon meragukan rudal ditembakkan dari kapal selam, melainkan dari platform di laut.

Trump bersikap lebih lunak atas serangkaian uji coba rudal jarak pendek Korut beberapa bulan terakhir. Dia menjamin tak akan mengubah keputusannya untuk tetap berdialog soal denuklirisasi. Trump juga menegaskan hubungannya dengan Kim Jong Un tetap berjalan baik, meskipun serangkaian uji coba ini.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda