Dihadiri Presiden Putin, Rusia Luncurkan Jet Tempur Sukhoi Terbaru Pekan Depan

Anton Suhartono ยท Sabtu, 17 Juli 2021 - 21:51:00 WIB
Dihadiri Presiden Putin, Rusia Luncurkan Jet Tempur Sukhoi Terbaru Pekan Depan
Rusia akan meluncurkan jet tempur baru Sukhoi dalam pameran kedirgantaraan pekan depan (Foto: AP)

MOSKOW, iNews.id - Produsen pesawat Rusia Sukhoi akan menunjukkan jet tempur terbaru dalam pameran kedirgantaraan yang digelar di Moskow pekan depan. Presiden Vladimir Putin akan hadir dalam pembukaan pameran tersebut yakni pada Selasa (20/7/2021).

Dalam foto yang beredar tampak jet tempur ditutupi kain hitam, ditarik ke tempat parkir seberang lapangan terbang Zhukovsky, di luar Moskow. Tempat tersebut menjadi lokasi Pameran Penerbangan dan Antariksa Internasional (MAKS-2021).

Menurut laporan media Rusia, seperti dilaporkan kembali Associated Press, Sabtu (17/7/2021), jet terbaru itu dibuat Sukhoi dalam program pengembangan pesawat tempur taktis ringan.

Tidak seperti jet tempur siluman terbaru Rusia Su-57, pesawat ini tampak lebih kecil dan memiliki satu mesin. Su-57 dibuat untuk menandingi jet tempur siluman Amerika Serikat F-22 Raptor

Belum diketahui apa nama jet tempur terbaru ini, tidak ada informasi pula tentang kemampuan dan prospek penjualannya. Namun Rusia akan menawarkannya kepada negara lain.

Dari informasi yang didapat, pesawat ini akan menyaingi F-35 Lightning II AS yang sudah beroperasi pada 2015. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2