Dihujani Sanksi oleh Barat, Rusia malah Temukan Cadangan Minyak Besar di Kutub Utara

Anton Suhartono ยท Senin, 04 Juli 2022 - 13:22:00 WIB
Dihujani Sanksi oleh Barat, Rusia malah Temukan Cadangan Minyak Besar di Kutub Utara
Perusahaan minyak Rusia Rosneft menemukan cadangan minyak di Laut Pechora, Kutub Utara (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Perusahaan energi Rusia Rosneft mengumumkan penemuan deposit minyak sangat besar di Laut Pechora, Kutub Utara atau Arktik. Kandungan minyaknya di wilayah itu sekitar 82 juta ton.

Temuan ini menjadi penting bagi Rusia di tengah hujan sanksi yang dijatuhkan negara Barat serta krisis energi dunia. Sanksi yang mendera Rusia, termasuk di bidang energi memang membatasi pasar, namun masih ada beberapa negara sahabat yang menggantungkan sumber energi mereka dari Rusia.

Cadangan minyak itu ditemukan setelah perusahaan minyak itu menggelar kampanye pengeboran di wilayah Medynsko-Varandeysky. 

"Selama pengujian, aliran minyak bebas diperoleh dengan laju maksimum 220 meter kubik per hari," bunyi pernyataan Rosneft, seraya menjelaskan kualitas minyaknya rendah sulfur serta berviskositas rendah, dikutip dari RT, Senin (4/7/2022).

Menurut Rosneft, temuan ini merupakan salah satu yang terbesar di rak Rusia.

Eksplorasi di perairan Laut Pechora membuktikan potensi minyak yang signifikan sehingga menjadi dasar untuk melanjutkan studi dan pengembangan wilayah tersebut.

Perusahaan itu mengendalikan total 28 lisensi eksplorasi minyak di lepas pantai Kutub Utara, delapan di antaranya di Laut Pechora.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda