Presiden Macron Tegaskan Ingin Menangkan Ukraina, tapi Tak Mau Hancurkan Rusia

Anton Suhartono · Senin, 04 Juli 2022 - 10:54:00 WIB
Presiden Macron Tegaskan Ingin Menangkan Ukraina, tapi Tak Mau Hancurkan Rusia
Emmanuel Macron (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id - Presiden Prancis Emmanuel Macron ingin memenangkan Ukraina dalam perang melawan Rusia. Namun di sisi lain dia tak ingin memusuhi negara yang dimpimpin Vladimir Putin tersebut.

Pandangannya itu terungkap dalam film dokumenter yang baru-baru ini disiarkan stasiun televisi Prancis. Dia menjelaskan mengenai pendekatan diplomasi soal krisis Rusia-Ukraina.

Dalam wawancara yang direkam di kereta api dalam perjalanan pulang dari kunjungan ke Kiev bulan lalu, Macron mengatakan pembicaraan dengan Putin tetap diperlukan guna mencegah konflik berubah menjadi perang lebih luas. 

Dia juga mengkritik para pemimpin “Anglo Saxon” karena mengampanyekan pesan bahwa Rusia harus dimusnahkan atau dilemahkan secara permanen. 

Tujuan Macron adalah memenangkan Ukraina namun tidak melawan Rusia, apalagi memusnahkannya.

Ini merupakan penekanan dari pernyataan sebelumnya bahwa para pemimpin Eropa harus selalu menghormati Rusia, baik pemerintah maupun rakyatnya. Menurut Macron, tidak akan ada perdamaian abadi jika Rusia tidak dilibatkan dalam pembicaraan.

Di lain pihak, Macron sepakat dengan para pemimpin negara G7 untuk terus membantu militer Ukraina selama dibutuhkan. Dia juga menepis rumor menyarankan Ukraina agar menukar wilayahnya demi berdamai dengan Rusia.

"Ukraina yang memutuskan apa syarat-syaratnya yang harus dipenuhi untuk berdamai,” katanya, sikap yang juga sama dengan Amerika Serikat (AS), Inggris, serta negara-negara NATO lainnya.

Sikap Macron yang memberi celah Rusia dikritik beberapa negara. Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengecam Macron karena tetap mengajak dialog Putin. Bahkan dia mengibaratkan Macron seolah mau bicara dengan pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda