Dilantik Jadi Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta Janji Perkuat Hubungan dengan China

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 09:04:00 WIB
Dilantik Jadi Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta Janji Perkuat Hubungan dengan China
Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta. (Foto: Reuters)

DILI, iNews.id – Tokoh kemerdekaan Timor Leste sekaligus peraih Nobel, Jose Ramos Horta, hari ini dilantik sebagai presiden kelima negara itu. Dalam kesempatan tersebut, dia berjanji untuk memperkuat persatuan nasional dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan China.

Ramos Horta pernah menghabiskan puluhan tahun sebagai juru bicara gerakan gerilyawan di pengasingan selama masa konflik Timor Timur dengan Indonesia. Dia sebelumnya menjabat sebagai presiden Timor Leste pada 2007-2012. Dia juga pernah memegang posisi perdana menteri dan menteri luar negeri sebelum itu.

Reuters melaporkan, ribuan warga Timor datang ke Ibu Kota Dili demi menyaksikan pelantikan pria berusia 72 tahun itu dalam sebuah upacara yang penuh dengan kembang api dan tembakan meriam.

Dalam podatonya, presiden baru itu mengatakan, dia akan mewakili semua orang Timor, dan berusaha untuk membangun kembali persatuan nasional setelah kebuntuan politik yang berkepanjangan di parlemen.

Ramos Horta, meraih kemenangan dalam putaran kedua pemungutan suara Pilpres Timor Leste bulan lalu. Dia mengatakan, hubungan dengan Indonesia, Australia, dan kawasan harus menjadi agenda utama nasional negaranya. Hubungan dengan China juga akan diperkuat.

“Ini adalah niat kami untuk memperluas kerja sama bilateral dengan China," katanya.

“Terutama di bidang pertanian organik yang berkelanjutan, industri kecil, perdagangan, teknologi baru, energi terbarukan, konektivitas, digitalisasi, kecerdasan buatan, dan infrastruktur perkotaan dan pedesaan,” tuturnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda