Diplomat Inggris untuk Hong Kong Hilang, Diduga Ditahan oleh China

Anton Suhartono ยท Selasa, 20 Agustus 2019 - 13:28:00 WIB
Diplomat Inggris untuk Hong Kong Hilang, Diduga Ditahan oleh China
Diplomat Inggris hilang , diduga ditahan otoritas China (Foto: HKFP)

HONG KONG, iNews.id - Kementerian Luar Negeri Inggris menerima laporan terkait hilangnya seorang diplomatnya yang bertugas di kantor konsulat Hong Kong. Menurut laporan, pria bernama Simo Cheng itu ditahan oleh otoritas China saat akan masuk Hong Kong dari perbatasan Kota Shenzhen, Provinsi Guangdong.

Media lokal HK01 melaporkan, pegawai konsulat Inggris bidang perdagangan dan investasi tersebut berpergian ke Shenzhen pada 8 Agustus 2019 untuk urusan pekerjaan. Namun sejak itu dia tak kembali.

"Kami sangat prihatin dengan laporan seorang anggota tim ditahan saat akan kembali ke Hong Kong dari Shenzhen. Kami siap membantu keluarga dan mencari informasi lebih lanjut dari pihak berwenang di Guangdong dan Hong Kong," kata juru bicara Kemlu dan Persemakmuran dalam pernyataan, seperti dilaporkan kembali AFP, Selasa (20/8/2019).

Peristiwa ini terjadi saat hubungan China dan Inggris tegang terkait aksi demonstrasi besar-besaran di Hong Kong yang sudah berlangsung 11 pekan lebih.

China menuding Inggris mencampuri urusan dalam negerinya. Hong Kong merupakan wilayah jajahan Inggris yang diserahkan ke China pada 1997.

Sebelumnya Dubes China untuk Inggris Liu Xiaoming memprotes campur tangan asing dalam aksi unjuk rasa di Hong Kong. Dia tak sungkan menyebut langsung nama Inggris dan mendesak Perdana Menteri Boris Johnson untuk menyikapi masalah Hong Kong dengan sangat hati-hati.

"Saya pikir beberapa politisi di negara ini masih menganggap Hong Kong sebagai bagian dari kerajaan Inggris," tuturnya, menyindir.

Sebelumnya, Menlu Inggris Dominic Raab menghubungi pemimpin Hong Kong Carrie Lam, menekankan perlunya penyelidikan independen atas kekerasan yang dilakukan polisi terhadap para demonstran prodemokrasi.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda