Ditahan di Thailand, Eks Pemain Timnas Bahrain Dilarang ke Australia

Anton Suhartono ยท Senin, 03 Desember 2018 - 16:18 WIB
Ditahan di Thailand, Eks Pemain Timnas Bahrain Dilarang ke Australia

Hakeem Al Araibi (Foto: AP)

BANGKOK, iNews.id - Hakeem Al Araibi, mantan pemain sepak bola tim nasional Bahrain yang ditangkap di Bandara Svarnabhumi, Thailand, pada 28 November 2018, tak bisa pulang ke Australia.

Hakeem mendapat status pengungsi dari Australia dan menjadi warga negara permanen tahun ini setelah melarikan diri dari negaranya terkait politik.

Sejak itu Bahrain meminta Interpol mengeluarkan red notice untuk memburu pria 25 tahun tersebut. Dia lalu ditangkap pekan lalu saat berpergian seorang diri.

Kepada stasiun televisi SBS, Minggu (2/11/2018), Hakeem mengatakan pihak berwenang Thailand secara diam-diam memerintahkan dia memesan tiket untuk keluar dari negara itu.

Dia pun memesan tiket ke Melbourne pada Sabtu (1/12/2018) malam pukul 21.00 waktu setempat.
Namun tiga jam sebelum terbang, dia diberi tahu tak diperbolehkan kembali ke Australia dan ditahan kembali oleh imigrasi Thailand.

Pengacara Hakeem, Latifa Al Haouli, mengatakan, pihak berwenang Bahrain dan Departemen Luar Negeri Australia sudah berkoordinasi soal kasus ini.

Dalam pernyataannya di akun Twitter pada Minggu (2/12/2018), Kedubes Bahrain di Thailand menyatakan kasus Hakeem perlu ditindaklanjuti oleh pihak keamanan terkait. Hakeem harus kembali ditahan untuk kasus keamanan.

Pekan lalu Hakeem mengatakan dia ditangkap oleh Interpol atas tuduhan vandalisme di kantor polisi Bahrain, namun dibantahnya. Dia beralasan saat itu dia sedang bermain sepak bola untuk acara televisi.

"Saat saya tiba di imigrasi Thailand mereka membawa saya ke tahanan dan mengatakan, 'Anda punya red notice dari Bahrain'. Saya mengatakan kepada mereka kalau status saya pengungsi di Australia. Saya mengatakan, (Bahrain) tak bisa membawa saya," katanya.

Hakeem mendapat status pengungsi dari Australia pada 2015. Dia lalu mendapat status warga negara permanen tiga tahun kemudian. Saat ini dia bermain untuk klub sepak bola semiprofesional Australia.

Editor : Anton Suhartono