Ditentang Israel, Palestina Akan Batalkan Pemilu

Anton Suhartono ยท Selasa, 27 April 2021 - 14:25:00 WIB
Ditentang Israel, Palestina Akan Batalkan Pemilu
Pemerintah Otoritas Palestina akan membatalkan pemilu karena Israel tak menyetujui adanya pemungutan suara di Yerusalem Timur (Foto: AFP))

YERUSALEM, iNews.id - Palestina berencana membatalkan pemilihan umum (pemilu) pertama yang digelar sejak 15 tahun terakhir karena ditentang Israel. Negara Yahudi tidak mengizinkan adanya pemungutan suara di Yerusalem Timur.

Seorang diplomat Mesir serta pejabat intelijen, seperti dikutip dari Associated Press, Selasa (27/4/2021), mengatakan, mereka diberitahu mengenai keputusan itu, yang rencananya akan diumumkan pada Kamis mendatang, dalam pertemuan antarfaksi Palestina.

Presiden Mahmoud Abbas sebenarnya diuntungkan dengan pembatalan pemilu ini karena partainya, Fatah, sedang mengalami keretakan internal. Fatah diperkirakan kehilangan banyak suara dalam pemilu. Sebaliknya, Hamas, yang memiliki pengaruh besar, baik di Jalur Gaza maupun Tepi Barat, bisa merebut suara mayoritas di parlemen.

Para pejabat Mesir sudah berupaya melobi Israel untuk memungkinkan digelarnya pemilu namun sejauh ini gagal.

Pejabat intelijen Mesir mengatakan, Hamas ingin pemilu dilanjutkan namun faksi lain tidak setuju jika pemungutan suara tak bisa digelar di Yerusalem Timur.

Pejabat itu juga menambahkan, faksi-faksi sedang membahas pembentukan pemerintah persatuan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2